Sabtu, 01 November 2008

Blag blig blug : Semacam Pengantar

Semacam pengantar.

Pada awalnya adalah sebuah godaan. Keinginan untuk bermain-main dengan garis-garis batas. Maka terpikirkanlah pula untuk membuat Blog baru. Nothing special. Hanya keinginan untuk belajar mendefinisikan diri sendiri lagi lewat wadah yang baru. Belajar mengenal lebih dalam siapa diri sendiri ini, yang kadang pada satu kali menulis hal-hal yang tak lumrah yang meluncur begitu saja lewat jemari ini.
Untuk memberikan tempat bagi diri yang miskin teori ini tapi selalu ingin berteori. Tapi bukankah teori adalah kesimpulan dari masa lalu, yang bisa saja benar dan tentu bisa saja salah...
Jadi, tak ada salahnya mungkin mencoba berteori. Apalagi untuk menampung dan menata sebagian isi kepala yang tak tertata, tak teratur, dan saling silang menyilang ini.

Maka akhirnya dibuatlah blog baru dengan nama blag blig blug. Dalam Bahasa Sunda blag blig blug ini semacam kata bantu untuk memberikan gambaran terhadap aktifitas suara yang tanpa ritme tanpa irama yang intens, namun tentu saja mengganggu ketenangan. Blag blig blug mungkin hampir sama dengan suara dag dig dug pada saat jantung terpompa cepat ketika andrenalin menaik.

Seperti suara blag blig blug, jelas bukan ritme atau irama yang di kedepankan. Sama sperti isi blog ini, bukan keindahan bahasa atau kata yang di utamakan. Hanya sebuah obrolan tentang hidup dan kehidupan di sekitar saya, yang sering melintas di dalam benak ini, dan mencoba untuk melihatnya dalam kacamata yang kritis. Tentu saya menyadari, dan tak menutupi akan adanya prespektif yang berbeda juga. Tapi itulah gunanya sebuah obrolan bukan?

Memperbincangkan satu hal dari berbagai prespektif untuk menambah pandangan akan sebuah hidup dan kehidupan. dan darinya belajar lagi tentang manusia dan kemanusiaan.

Sebagaimanapun mengganggu dan tak enak untuk di dengarnya suara 'blagbligblug' mungkin seperti suara 'dagdigdug' hati kita. Tak enak, (mungkin menjengkelkan) namun kita selalu merindukannya. Semoga.

Salam.
Bambang trisamawan.

0 komentar :