Kamis, 19 Februari 2009

Obrol mengobrol lagi, yuk!

saya senang dengan banyaknya komunikasi yang terjalin di milis demokratis ini. Dan saya, sebagai salah satu member, jadi bertambah senang dengan begitu banyaknya pertukaran informasi dan wacana yang beredar di forum ini, apalagi ketika ikut terseret dalam polemik wacana didalamnya.

Tapi kemudian saya melihat sesuatu yang aneh dengan tulis-menulis di forum demokrasi ini.

pertama,
Mereka, yang berdialog, yang sebenarnya tidak terbentang jarak geografis yang jauh, yang topik pembicaraannya terlampau sederhana, berkaitan dengan organisasi misalnya, jadi terlihat tidak atau kurang bicara langsung sesama partnernya dalam satu kepengurusan.

saya pikir, mungkin ini gejala yang diramalkan oleh Marshall McLuhan tentang Gutenberg Galaxy. Ekses dari revolusi gutenberg, revolusi mesin cetak, dimana kata Mc luhan, sesama anggota keluarga akan disibukkan dengan tulis menulis. Hingga mereka tidak mau mengobrol lagi.

Wah.....kalau begini kenyataannya, harus benar-benar diakhiri. Bukan forum milisnya, Tapi berkaitan dengan topik sahaja tentunya.

Dan terpenting dari itu sepertinya obrol-mengobrol harus dikembalikan. Makna kata-kata secara verbal mesti dikukuhkan kembali dalam organisasi. Terutama keluarga kepengurusan, yang secara geografis tidak ada hambatan untuk bertemu. saya tak bisa membayangkan kelanjutan dari sebuah keluarga yang terdiri dari anggota yang berkomunikasi tulis menulis dengan sadisnya!

Minta (informasi, keterangan, dll) dan protes yang rutin saja kok mesti tertulis...
dimilis lagi. minta dang ngomel langsung emang kenapa?? Kalau disampaikan lewat jalur yang benar emang kenapa?


Salam,
Bambang trismawan